Kini Dipersoalkan, Ini Asal Mula Humor Gus Dur Tentang Tiga Polisi Jujur

Gusdur, [foto doc : mojok.co]

[KlikLembaran] Seorang pria di Maluku Utara diamankan oleh pihak berwajib usai mengunggah humor Gus Dur mengenai Tiga Polisi Jujur di akun media sosialnya. Penangkapan pria bernama Ismail Ahmad itu sontak membuat publik geram.

Unggahan humor itu diduga telah menyinggung instansi kepolisian. Oleh karenanya Ismail digiring ke kantor polisi untuk diperiksa lebih lanjut.
Baca Juga : Massa Tolak RUU HIP di Solo Bakar Bendera PKI
Humor soal Tiga Polisi Jujur merupakan humor legendaris yang dibuat oleh mantan presiden Abdurrahman Wahid.

Dikutip dari laman NU Online, Kamis (18/6/2020), humor soal Tiga Polisi Jujur pernah dibahas oleh Gus Dur saat berbincang dengan Muhammad AS Hikam dan Rozi Munir pada 2008. Kisah ini dituliskan oleh AS Hikam dalam bukunya yang berjudul ‘Gus Durku, Gus Dur Anda, Gus Dur Kita’ (2013).

Kala itu, AS Hikam dan Rozi Munir merasa khawatir dengan maraknya praktik korupsi lintas institusi negara, perbankan hingga Polri.

AS Hikam mencontohkan kasus megakorupsi BLBI dan Bank Century yang hingga kini penanganan kasusnya tidak jelas. Padahal kasus tersebut telah merugikan negara hingga ratusan triliun.

“Kasus yang melibatkan Polsi ini apakan saking kacaunya lembaga itu atau gimana ya Gus? Kan dulu panjenengan yang mula-mula menjadikan Polri independen dan diletakkan langsung di bawah Presiden?” tanya AS Hikam kepada Gus Dur.

Saat Orde Baru, kewenangan Polri berada di bawah TNI. Polri sebagai aparat keamanan dalam negeri diatur dengan cara tentara sehingga kerap menimbulkan kontradiksi.

Setelah Orde Baru berakhir, Gus Dur mengubah peraturan. Ia menetapkan POlri sebagai lembaga independen yang berada di bawah Presiden langsung.

“Polri kan sebelumnya di bawah TNI dan itu tidak bener. Mosok aparat keamanan dalam negeri dan sipil kok diatur oleh dan dengan cara tentara. Tapi kan memang begitu maunya Pak Harto dan TNI supaya bisa menggunakan Polri untuk mengawasi rakyat,” jawab Gus Dur.

Gus Dur menyebut akan menjadikan Polri berada di bawah satu kementerian. Kementerian yang menjadi pilihan adalah Kehakiman seperti di Amerika Serikat atau Kementerian Dalam Negeri seperti di Rusia.

Gus Dur menyinggung institusi Polri memang sudah tidak beres sejak dulu. Maka, tak heran ada humor Tiga Polisi Jujur.

“Nah, Polri memang sudah lama menjadi praktik kurang bener itu, sampai guyonan-nya kan hanya ada tiga polisi yang jujur: Pak Hoegeng (Kapolri 1968-1971), patung polisi, dan polisi tidur… hehehe…” ungkap Gus Dur.

Humor tersebut langsung disambut gelak tawa oleh AS Hikam dan Rozi Munir.[oi]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kini Dipersoalkan, Ini Asal Mula Humor Gus Dur Tentang Tiga Polisi Jujur"

Post a Comment